ANALISIS KADAR NATRIUM BENZOAT PADA JAHE GILING HALUS (Zingiberis officinale Rosc.) SECARA SPEKTROFOTOMETRI ULTRAVIOLET

Dwi Dinni Aulia Bakhtra, Zulharmita Zulharmita, Novita Sriyanti

Sari


Penelitian tentang identifikasi dan penetapan  kadar natrium benzoate  telah dilakukan pada jahe giling halus yang diambil dari tiga lokasi yaitu Pasar Ibuh Payakumbuh, Pasar Bawah Bukittinggi dan Pasar Raya Padang, masing – masing lokasi diambil dua sampel. Analisis kualitatif asam  benzoat dalam sampel dilakukan dengan  reaksi esterifikasi dan reaksi warna. Hasil analisis kualitatif dari enam (6) sampel, diperoleh dua (2) sampel positif (+) yang mengandung natrium benzoat. Sampel yang positif mengandung natrium benzoat diekstraksi dengan menggunakan  pelarut eter dan ditetapkan kadarnya dengan menggunakan spektrofotometer ultraviolet. Dari hasil analisis kuantitatif yang dilakukan, didapat kadar asam benzoat pada sampel dengan rentang 339-552 mg/kg. Hasil ini membuktikan bahwa kadar asam benzoat yang terdapat pada  jahe giling halus tidak melampui batas pemakaian maksimum  yang ditetapkan dalam Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia No.36 Tahun 2013 yaitu 600 mg/kg bahan, sehingga aman untuk di konsumsi masyarakat.


Kata Kunci


Asam Benzoat, Jahe giling halus, Spektrofotometri UV

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriyanti, L. (2010). Pengawet makanan alami dan sintetis. Bandung: Alfabeta

Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan makanan Nomor.36 Tentang Batas Maksimum Penggunaan Bahan Tambahan Pangan Pengawet. Jakarta: Badan POM RI

Broto, W. (2003). Mengenal Bahan Pengawet Dalam Produk Pangan, diakses 26 April 2012 dari http://www.pom.go.id/public/publikasi/infopom 1203.pdf

Dachriyanus.(2004). Analisis struktur senyawa organik secara Spektroskopi. Andalas University Press.

Frank. (1995). Toksikologi Dasar. (Edisi 2). Penerjemah: E. Nugroho. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Herlich, K. (1990). Official methods of Analisis (15thed). Association of Official Analyticcal Chemical Inc. USA: Boulevard-Arlington-Virginia.

Khomsan, A. (2002). Pangan dan Gizi Untuk Kesehatan. (Edisi I). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Reksohadiprojo, S. (1994). Pusat Penelitian Obat Masa Kini. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugiyono.(2006). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Svehla, G. (1985). Vogel Buku Teks Analisa Anorganik Kualitatif Makro dan Semimikro. Diterjemahkan oleh Ir. L. Setiono dan Dr. A Hadyana Pudjaatmaka. Jakarta: Kalman Media Pusaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.